Ternyata Orang yang Suka Ngomong Sendiri Adalah Orang yang Jenius!! Ini Dia Alasannya..

Siapa sobat cerpen yang sering ngomong sama diri sendiri? Sewaktu kalian berjalan sendirian, di kamar sendirian, bahkan sedang berbelanja sendirian aja, kamu selalu bisa berbincang sama dirimu sendiri. Banyak orang awalnya mengira orang-orang seperti ini aneh dan gila, betul? Tapi ternyata ada studi yang membuktikan sebenarnya ini adalah tanda dari kejeniusan lho! Yuk kita lihat alasannya!

1. Berbicara dengan diri sendiri membuat otakmu bekerja lebih efisien
Dalam sebuah percobaan, dua orang psikolog, Daniel Swigley dan Gary Lupyan mengumpulkan 20 orang dan memberikan sebuah objek (seperti buah-buahan) dan mereka harus mencarinya di supermarket. Pada percobaan pertama, semuanya melakukannya dengan diam, namun di percobaan berikutnya, mereka menyebutkan dengan keras nama objek tersebut begitu mereka menemukannya di supermarket.
Hal ini membuktikan berbicara sendiri itu menambah memori, namun ini hanya berlaku ketika kamu mengetahui apa yang kamu butuhkan. Ketika kamu mengatakan objek itu, kamu sebenarnya sedang mengaktifkan gambaran ini di otakmu agar otakmu segera mencarinya.
2. Berbicara dengan diri sendiri membantumu untuk mengatur pikiranmu.
Apa yang paling membantu ketika pikiran kita mulai nggak karuan? Mendengar hal itu diutarakan sebenarnya membuat kamu lebih tenang, suara yang kamu keluarkan membantumu agar tidak terus tertekan akan masalahmu.
Psikolog Linda Sapadin mengungkapkan berbicara dengan lantang kepada diri sendiri membantu untuk melakukan keputusan yang sulit dan penting, untuk memperjelas pikiranmu agar lebih mantap.
Semua orang tahu cara menyelesaikan masalah adalah dengan membicarakannya. Kalau itu masalahmu, kenapa tidak melakukannya dengan dirimu sendiri?
3. Berbicara dengan diri sendiri membantumu mencapai tujuan
Membuat daftar list tujuan dan meraihnya kadangkala sangat sulit, namun ternyata berbicara dengan diri sendiri bisa membantumu lho! Setiap langkahmu yang semakin sulit itu bisa lebih mudah dijalani.
Sapadin mengatakan, "Mengatakan tujuanmu dengan keras bisa memusatkan pikiranmu serta mengontrol emosimu dari distraksi." Selain itu berbicara pada diri sendiri juga berarti kamu mandiri! Mereka mampu untuk mengandalkan diri sendiri dan mencari tahu apa yang mereka butuhkan.

Jadi sobat cerpen, mulai hari ini jangan lagi menganggap mereka yang suka ngomong sendiri itu sebagai orang yang aneh atau gila ya! 

0 Response to " Ternyata Orang yang Suka Ngomong Sendiri Adalah Orang yang Jenius!! Ini Dia Alasannya.. "

Posting Komentar