Rambut Rontok Saat Keramas? Ini Nih 5 Tips yang Bisa Kamu Perhatikan Untuk Mengurangi Rambut Rontok!

Rambut rontok saat kita keramas sangat sering terjadi pada beberapa orang. Rambut-rambut yang rontok ini tidak terjadi dalam waktu singkat namun seringkali melalui hasil yang berkepanjangan. Di edisi kali ini Cerpen akan membagikan 5 cara mencuci rambut yang ampuh untuk menghindari rambut rontok! Cekidot!

1. Tidak keramas menggunakan air dingin
Dibawah cuaca yang panas atau setelah berolahraga, keramas dan mandi menggunakan air dingin seringkali menjadi kebiasaan yang menyenangkan bagi beberapa orang. Namun Sobat Cerpen tahukah kamu bahwa ternyata hal ini bisa merusak rambut dengan mudah? Kerusakan ini terjadi karena pembuluh darah yang mengalirkan nutrisi pada rambut tersumbat ketika suhu pada kepala berubah drastis. Rambut-rambut yang tersambung dengan saluran-saluran di kulit kepala ini akhirnya akan mudah rusak dan akhirnya rontok dalam jumlah besar.
2. Jangan keramas setiap hari
Rambut yang sering rontok tidak jarang disebabkan oleh karena keramas yang berlebihan. Keramas akan membuat kulit ari yang ada pada rambut mengecil dan membesar. Gerakan yang terjadi pada kulit kepala ini yang akhirnya akan menyebabkan terjadinya gesekan pada rambut sehingga menyebabkan rambut mudah rontok.
3. Jangan berdiam di ruangan ber-AC setelah keramas
Alasan dibalik hal ini sama dengan orang-orang yang keramas dengan air dingin. Kulit kepala sangat sensitif dengan suhu udara yang berubah-ubah. Semakin suhu berubah drastis, rambut yang rontok akan semakin banyak. Ketika kita ingin masuk ke dalam sebuah ruangan ber-AC setelah keramas, sebaiknya keringkan dahulu rambut kita dengan menggunakan handuk atau hair-dryer. Melindungi kepala dengan mengikatkan handuk pada kepala juga akan membantu.
4. Gosok shampoo sampai berbusa sebelum digunakan pada kepala
Tuangkan shampoo secukupnya di atas telapak tangan, gosok sampai berbusa, dan oleskan pada kepala dan rambut secara merata. Jika langkah-langkah ini dilakukan dengan baik, kesehatan kulit kepala akan terjaga dan rambut yang rontok akan semakin sedikit. Menggosok shampoo sampai berbusa sebelum digunakan akan menghindari zat-zat kimia yang menumpuk pada kulit kepala dan memudahkan kita untuk membersihkan shampoo tersebut secara menyeluruh.
5. Metode yang perlu diperhatikan saat keramas dengan shower
Keramas dengan shower tentu akan mempermudah kita untuk membersihkan kulit kepala. Namun ada beberapa hal yang diperhatikan supaya rambut yang rontok tidak semakin banyak. Ketika kita keramas dengan shower, hindari berdiri langsung dibawah shower karena tekanan tinggi yang dihasilkan saat air tersebut keluar akan mudah merusak rambut dalam jangka waktu yang panjang. Saat keramas dengan shower, sebaiknya anda memposisikan kepala anda sehingga tengkuk anda terkena air terlebih dahulu. Selanjutnya biarkan air tersebut mengalir membersihkan seluruh kepala anda. Akan lebih baik lagi jika anda bisa mengurangi kekuatan tekanan air yang keluar dari shower supaya rambut anda bersih secara menyeluruh secara perlahan-lahan.
Namun Sobat Cerpen, tetap jangan lupa dan lalai memperhatikan keadaan kesehatan anda ya. Karena kurangnya tidur dan gizi yang kurang juga merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi banyaknya rambut yang rontok.

0 Response to " Rambut Rontok Saat Keramas? Ini Nih 5 Tips yang Bisa Kamu Perhatikan Untuk Mengurangi Rambut Rontok! "

Posting Komentar