Begini Cara Deteksi Kamera Tersembunyi di Ruangan


Teknologi kamera semakin hari semakin canggiha. Berbagai jenis kamera diciptakan setiap hari mulai dari kamera DSLR, CCTV, sampai kamera tersembunyi yang biasa digunakan oleh aparat keamanan.

Keberadaan kamera tersembunyi sesungguhnya sangat baik jika digunakan dengan benar, contohnya untuk mengawasi rumah atau gedung perkantoran.

Sayangnya banyak orang yang menyalahgunakan perangkat tersebut untuk hal yang tidak benar, misalnya untuk mengintip orang yang sedang ganti pakaian atau bahkan untuk merekam tanpa ijin aktifitas orang lain.

Di artikel kali ini kita akan membahas beberapa tips bagaimana mendeteksi keberadaan kamera tersembunyi di sebuah ruangan sehingga kita bisa terhindar dari perbuatan iseng orang lain.
Kamera tersembunyi biasanya dipasang di tempat-tempat umum seperti di toilet umum di mall atau di tempat rekreasi. Kadang kamera ini juga dipasang di kamar hotel untuk mengintip tamu-tamu yang datang silih berganti.
Ukurannya yang sangat kecil membuat kita tidak bisa mengetahui keberadaannya, apalagi jika kamera tersebut ditempatkan di lokasi tersembunyi atau tidak terduga seperti di dalam jam dinding atau di balik lampu kamar.

Nah jika anda sedang berlibur dan menginap di sebuah hotel, anda bisa menggunakan tips berikut ini untuk mengetahui apakah di kamar tersebut ada kamera tersembunyi atau tidak.
  1. Bila Anda sudah masuk ke dalam kamar Anda, matikan lampu kamar, dan tutup semua tirai, buka kamera ponsel Anda, jangan menyalakan lampu flash.
  2. Arahkan kamera ke seluruh ruangan, ketika titik merah ditemukan, itu berarti bahwa ada kamera tersembunyi terpasang.
  3. Jika tidak ada titik-titik merah, berarti ruangan itu aman.
Mudah bukan? tapi jangan salah, terkadang hal sepele seperti ini justru sangat membantu kita terhindar dari perbuatan iseng orang yang tidak bertanggung jawab.

Kita tidak bisa menjamin privasi kita akan terlindungi dengan baik atau tidak, tapi kita bisa mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan dengan tips sederhana di atas.

0 Response to " Begini Cara Deteksi Kamera Tersembunyi di Ruangan "

Posting Komentar