Ternyata Mengorek Kotoran Hidung dengan Tangan Dinilai Berbahaya!

Kotoran hidung adalah hasil dari sisa-sisa metabolisme manusia. Hidung manusia memiliki lapisan selaput lendir yang terus menerus diperbaharui setiap hari. Kotoran hidung ternyata "terbuat" dari lendir-lendir yang sudah mongering ini. Sebagai hasil dari lendir-lendir yang sudah kering, tentu saja kotoran hidung memiliki komposisi yang sama dengan lendir hidung ditambah dengan kuman penyakit dan debu yang terkadang menyebabkan kotoran ini berwarna hitam.

Kuman yang ada pada kotoran hidung biasanya tidak menyebabkan penyakit. Penyakit-penyakit yang berkaitan dengan pernafasan mungkin timbul hanya saat sistem pertahanan tubuh kita melemah. Kebanyakan orang di dunia ini senang mengorek kotoran hidung dibandingkan dengan membiarkan kotoran ini terdiam begitu saja di dalam hidung. Tetapi Sobat Cerpen, apakah mengorek kotoran hidung baik untuk tubuh kita?
Sebenarnya, baik penelitian maupun pengamatan menyatakan bahwa mengorek kotoran hidung bisa mempermudah tubuh kita terserang penyakit. Rongga hidung dikenal sebagai area "segitiga berbahaya". Kuman penyakit dari dalam rongga hidung bisa memasuki tengkorak dengan mudah melalui pembuluh darah. Jika sistem imun tubuh kurang baik, kuman-kuman ini mampu menyebabkan infeksi. Kuman penyakit yang terjerat di dalam kotoran hidung juga akan dengan mudah memasuki tubuh jika kita mengorek kotoran hidung dengan tangan yang kurang bersih.
Para peneliti di Australia menyatakan bahwa orang-orang yang lebih sering mengorek kotoran hidung lebih mudah terserang kuman yang dikenal dengan Staphylococcus aureus. Selain itu jika tangan kita mengandung virus penyebab flu, mengorek kotoran hidung hanya akan membuat kita terserang flu. Tidak hanya itu, kebiasaan mengorek kotoran hidung terkadang merusak bulu hidung sehingga untuk orang-orang yang tinggal di daerah dengan udara yang kurang baik, bulu hidung yang awalnya berfungsi untuk menyaring udara kotor tersebut menjadi sulit berfungsi dan memudahkan debu, zat-zat berbahaya, dan kuman penyakit memasuki tubuh dan mengganggu fungsi tubuh.
Mengorek kotoran hidung dengan tangan di depan banyak orang dianggap tidak sopan dan tidak baik untuk kesehatan, tetapi mengapa banyak sekali yang masih melakukannya sampai hari ini? Ilmuwan Inggris mengatakan bahwa perilaku seperti ini diduga adalah bakat alami yang dimiliki oleh manusia. Sama seperti bayi yang tidak perlu diajarkan untuk minum susu. Kotoran hidung yang tersangkut di dalam rongga hidung memang sangat mengganggu dan terkadang perlu dikeluarkan. Para ahli kesehatan menyarankan, jika kita ingin mengeluarkan kotoran hidung, ada baiknya kita menggunakan cuttonbud yang steril untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

0 Response to " Ternyata Mengorek Kotoran Hidung dengan Tangan Dinilai Berbahaya! "

Posting Komentar