Ups! Menangis Bisa Membatalkan Puasa, Jika...


Ladies, pernahkah kamu mendapat pengalaman dilarang untuk menangis karena katanya bisa membatalkan puasa? Atau mungkin ada orang yang bilang padamu kalau menangis itu membatalkan puasa. Hal itu mungkin membuatmu merasa bingung, ya.

Seperti yang dilansir oleh annida-online.com, ada tiga hal yang dapat membatalkan puasa. Pertama, makan dengan sengaja. Kedua, minum dengan sengaja. Ketiga, berhubungan suami istri. Jadi kalau kita makan atau minum karena tidak sengaja, misal karena lupa kalau sedang puasa, maka sebenarnya puasa kita tidak batal dan bisa tetap lanjut puasa. 

Nah, lalu bagaimana dengan menangis? Apakah menangis bisa membatalkan puasa? 

Jadi begini, menangis itu pada dasarnya tidak membatalkan puasa. Misal saat sedang shalat atau berdoa, air mata kemudian mengalir dengan sendirinya. Jika seperti itu kondisinya, puasamu tidak batal. Tapi beda kalau kemudian kamu dengan sengaja meminum air mata yang membasahi bibir, wah hal itu bisa membatalkan puasamu. Dengan kata lain, sengaja menelan atau meminum air mata yang mengalir bisa bikin puasamu batal.

Cuma kalau menangismu berlebihan dalam artian sampai meraung-raung, menghancurkan barang-barang, atau menyobek-nyobek baju, pahala puasamu bisa berkurang. Aduh, bikin sedih kan kalau kayak gitu. Ya, semoga saat puasa kita bisa tetap mengendalikan diri ya Ladies.

0 Response to " Ups! Menangis Bisa Membatalkan Puasa, Jika... "

Posting Komentar