Biji Pepaya Jangan Dibuang! Sebulan Saja Di Dalam Pot... Hasilnya Adalah Keindahan Tiada Tara!


Ketika mendekati musimnya, buah pepaya terasa nikmat melepas dahaga, ia juga berkhasiat mencegah panas dalam serta melancarkan pencernaan. Umumnya sebelum mengkonsumsi buah pepaya, kita pasti membersihkan terlebih dahulu biji-bijinya. Namun biji ini janganlah terburu-buru dibuang, ia masih dapat dimanfaatkan menjadi tanaman pot yang indah.
Langkah-langkah menanam biji pepaya menjadi hiasan pot:
1. Beli sebuah pepaya.
2. Belah buah pepaya, kemudian pisahkan serta kumpulkan menjadi satu semua biji-bijinya.
3. Cuci dan gosok-gosok biji pepaya tersebut hingga lapisan luar seperti membran tipis itu terlepas. Rendam biji yang telah dicuci bersih di dalam air, dengan ketinggian menutupi permukaan biji pepaya. Ganti air setiap hari untuk membersihkan kotoran. Setelah 4-6 hari, biji pepaya pun siap untuk ditanam.
4. Pilih pot yang tidak memiliki lubang pada dasarnya. Kemudian isi pot tersebut dengan tanah steril , kira-kira 90% penuh. Semprotkan sedikit air untuk melembabkan permukaan tanah.
5. Ketika menanam, penuhi seluruh permukaan tanah dengan biji pepaya dengan merata namun jangan sampai menumpuk satu sama lain.
6. Taburkan batu-batu kecil di atas biji pepaya menjadi 1 lapisan yang tipis saja, kemudian semprotkan air agar tanah lembab hingga menyeluruh. Semprot air sekali setiap hari, nantikan hingga biji pepaya berkecambah.
7. 10 hari kemudian, kecambah muda mulai bermunculan dari sela-sela bebatuan kecil.
8. 14 hari kemudian, semakin banyak biji yang menumbuhkan akar serta batang. Kecambah yang awalnya kecil pun telah tumbuh hingga 4-125px, dua lembar daun mungil juga turut menampakkan diri. Permukaan pot tampak menghijau.
9. Pada hari ke-16, dedaunan mulai menyembul keluar dari cangkang biji, perlahan kemudian lembaran daun yang baru pun mulai tumbuh. Saat ini, ketinggiannya mencapai kira-kira,6 cm.
10. 30 hari pun lekas tiba, lembar daun baru yang kedua pun sudah tumbuh menyeluruh. Pot anda kini pun dipenuhi oleh hutan pepaya mungil. Hiasan pot hasil karya anda pun telah jadi.
11. Diletakkan di mana saja tampak indah sekali!
Menghias meja anda dengan sebuah pot pada musim panas akan terasa sangat asri! Langkah pembuatannya sangar mudah, bukan? Lain kali ketika menikmati buah pepaya, jangan lupa dicoba ya!

0 Response to " Biji Pepaya Jangan Dibuang! Sebulan Saja Di Dalam Pot... Hasilnya Adalah Keindahan Tiada Tara! "

Posting Komentar