Apa Yang Membuat Keluarga Dapat Hidup Harmonis? Satu Kata Ini Akan Menjawab Pertanyaanmu!

Pak Wang dan Pak Lee saling bertetangga, namun dua keluarga ini berbeda 180 derajat. Keluarga Pak Wang sering bertengkar, sedangkan keluarga Pak Lee sangat harmonis. Suatu hari Pak Wang pergi menemui Pak Lee dan bertanya cara membina rumah tangga yang harmonis karena ia sudah tidak tahan lagi dengan suasana rumah yang penuh dengan keributan. 


Tanya Pak Wang,"Mengapa kalian bisa menjaga suasana rumah tetap harmonis?"
Jawab Pak Lee,"Karena kami sering berubat kesalahan."
Ketika Pak Wang hendak lanjut bertanya karena bingung akan jawaban Pak Lee, tiba-tiba istri Pak Lee lari kedalam rumah dengan tergesa-gesa dan ia tak sengaja jatuh ketika melewati ruang tamu. Melihat kejadian tersebut, ibu mertuanya yang sedang mengepel langsung lari menghampiri dan membantunya berdiri sambil berkata,"Semua salah ibu! Ibu ngepelnya kelewat basah!"
Anak Pak Lee yang sedang berdiri di depan pintupun masuk ke dalam rumah dan dengan menyesal ia berkata,"Semua ini salahku! Aku gak kasih tau kalo ruang tamu lagi di pel… jadinya ibu jatuh!"
Sang istripun berkata sambil berdiri,"Bukan bukan.. Ini salahku sendiri. Aku tidak cukup berhati-hati!"
Menyaksikan kejadian ini, Pak Wangpun mengerti arti dari jawaban Pak Lee sebelumnya. 
Jika dari awal mertuanya menyalahkan sang menantu dengan berkata,"Jalan gak pake mata! Syukurin jatoh!" Jika anggota keluarga yang lain bukannya perduli, namun malah mentertawakannya, apakah akan tercipta suasana keluarga yang harmonis?
Jika setiap orang memiliki pemikiran bahwa semua yang terjadi adalah kesalahan orang lain, pastilah sulit untuk hidup harmonis dengan orang-orang sekitar. Asalkan setiap anggota keluarga mau belajar untuk mau mengakui kesalahan dan saling pengertian satu sama lain, suasana keluarga harmonis bukanlah suatu angan-angan saja!
Ternyata rahasia hidup bahagia itu mudah ya! Cukup hanya dengan memiliki hati yang mau memaafkan dan saling pengertian satu sama lain! Nah, bagaimana menurut Sobat Cerpen?

0 Response to " Apa Yang Membuat Keluarga Dapat Hidup Harmonis? Satu Kata Ini Akan Menjawab Pertanyaanmu! "

Posting Komentar