Ini Pemimpin Terbaik Dunia dan Telah Dipuji Rasulullah, Ketaqwaannya Bikin Sejarah Merinding


Sejarah dunia boleh saja tidak menyebut sultan yang satu ini sebagai pemimpin terbaik yang pernah lahir di dunia.
Tapi Rasulullah SAW dalam sabdanya menyebutkan Sultan Muhammad Al Fatih inilah orangnya.
“Suatu saat Rasulullah SAW bersabda bahwa pemimpin terbaik sepanjang sejarah dunia adalah dia yang akan menaklukan wilayah kekuasaan Romawi bernama Konstantinopel –kini wilayah Turki--. Ini menyebabkan sepeninggal Rasulullah SAW semua khalifah pertama hingga khalifah generasi berikutnya berusaha untuk menaklukan wilayah ini namun tidak ada yang berhasil,” ujar Ustad Husien Musa dalam tausiah bada Magrib di Masjid Al Jihad Banjarmasin.
Sabda Rasulullah SAW ini, ujar ulama di Banjarmasin itu, baru terbukti setelah 800 tahun kemudian yakni pada abad delapan setelah hijriyah.
Ketika itu, Sultan Muhammad Al Fatih memimpin pasukan menaklukan Konstantinopel yang terkenal sebagai kota dengan benteng pertahanan yang berlapis-lapis, serta ranjau di perairan lautnya.
“Sampai-sampai prajurit Al Fatih harus memindahkan rute kapal-kapalnya ke daratan untuk menghindari rajau kemudian berlabuh lagi ke lautan,” ujar Husien Musa.
Namun, bukan itu yang membuat Rasulullah SAW menyebutkan dia pemimpin terbaik dunia, melainkan karena ketakwaannya yang membuat pembaca sejarah menjadi merinding.
Setelah menaklukan kota tersulit itu, usai Salat Jumat Al Fatih mengumpulkan seluruh prajuritnya untuk berdiri di antara dirinya. Lalu dia berkata:
“Siapa di antara kalian yang sejak akil baliq hingga kini pernah walau sekali saja meninggalkan salat fardu. Silakan duduk di depan,” ujarnya. Semua tetap berdiri.
“Siapa yang sejak akil baliq sampai kini pernah walau sekali meninggalkan salat rawatif (sunat yang mengawal salat fardu),” katanya lagi. Ternyata separuhnya duduk.
“Yang meninggalkan Salat Tahajud walau sekali saja?”, ucap sang Sultan yang diikuti dengan duduknya semua prajuritnya yang tersisa berdiri tadi.
Artinya, ujar Ustad Husien Musa, hanya Sultan Muhammad Al Fatyih lah yang sejak akil baliq tidak pernah meninggalkan salat fardu, salat rawatif serta salat tahajud.
“Maka benarlah sabda Rasulullah dialah pemimpin terbaik dunia itu,” ujar ulama ini.

0 Response to " Ini Pemimpin Terbaik Dunia dan Telah Dipuji Rasulullah, Ketaqwaannya Bikin Sejarah Merinding "

Posting Komentar